Menyajikan Informasi Tempat Wisata Di seluruh Indonesia dan Dunia. Dengan Artikel terkait untuk mempermudah Wisatawan dalam berwisata

Minggu, 12 April 2015

Cara menjadi pemandu wisata yang baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. Baca 4 Hal Berikut.
Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun berkas, mungkin bukan tipe pekerjaan yang di pilih bagi para pemandu wisata. Pekerjaan menjadi pemandu wisata mungkin cukup banyak yang menginginkannya selain menyenangkan, juga bisa menikmati pemandangan yang indah. Bertemu dengan orang-orang baru adalah hal yang mengasyikan bagi para pemandu wisata. Lalu bagaimana cara menjadi pemandu wisata yang baik dan disenangi oleh klien. 

Cara menjadi pemandu wisata yang baik
Cara menjadi pemandu wisata yang baik


Pastinya anda yang ingin menjadi Pemandu wisata tidak ingin mengecewakan klien anda. Dengan segala kemampuan bicara yang dimiliki. Seorang pemandu wisata perlu menyampaikan secara detail mengenai tempat-tempat yang akan dikunjungi dengan para kliennya. 

Ada 4 hal yang akan membuat anda menjadi seorang Pemandu wisata yang berhasil. 4 hal penting ini benar-benar harus diperhatikan sebelum seorang pemandu wisata turun langsung berhadapan dengan klien untuk mulai bekerja.

1. Riset dan memperlengkapi diri
 
Tentunya menjadi seorang pemandu wisata diperlukan pemahaman yang dalam mengenai pengetahuan tempat wisata. Baik itu mengenai sejarah, asal usul, lokasi, rute yang akan menjadi tujuan wisata. Dengan riset membaca buku mengenai tempat wisata, literature, buku sejarah, dan bertanya langsung kepada penduduk local ini akan membantu seorang pemandu wisata memahami secara detail tempat-tempat wisata yang akan ditawarkan oleh klien. Sehingga klien dapat mengetahui dengan jelas tempat wisata yang akan dikunjungi nantinya.
Kemudian perlengkapi kecakapan bahasa anda dengan bahasa yang baik. Baik itu tentang etika maupun bahasa dari Negara lain. Karena tidak menutup kemungkinan bagi seoarang pemandu wisata akan memandu klien dari berbagai Negara. Sehingga pemahaman mengenai bahasa juga bisa menjadi sebuah investasi jangka panjang bagi anda untuk kelangsungan karier anda sebagai pemandu wisata.

2. Membangun jaringan
 
Dengan membangun jaringan, seorang pemandu wisata akan lebih mudah untuk membawa kliennya menuju tempat wisata. Kita juga perlu melayani para wisatawan dengan professional. Persiapan mengenai jaringan pariwisata diantaranya adalah rumah makan, hotel, transportasi misalnya. Sehingga dalam sebuah perjalanan pariwisata akan secara rinci dijelaskan oleh pemandu wisata nantinya. Keuntungan membangun jaringan ini juga cukup menjanjikan. Diantaranya diskon dari pihak restoran maupun hotel jika kita berhasil membawa para wisatawan untuk menggunakan fasilitas mereka. Sehingga biaya yang akan dikeluarkan para wisatawan pun tidak terlalu mahal.

3. Marketing
 
Dengan persiapan apapun jika tanpa promosi /marketing pasti akan kurang. Marketing akan mempermudah kita ditemukan oleh wisatawan. Sehingga kita juga akan semakin dikenal di khalayak masyarakat sekitar. Untuk tahap promosi ini diantaranya kita bisa menggunakan Website/Blog, Social media, maupun brosur untuk disebar. Mengenai marketing ini, juga kita akan lebih dinilai bahwa kita bersunggung-sungguh untuk menawarkan jasa pemandu wisata dan ini juga akan membuat pelanggan percaya pada jasa pemandu wisata.

4. Menjaga kepuasan pelanggan
 
Dengan menjaga kepuasan pelanggan, seorang pemandu wisata pun akan lebih cepat dikenal. Karena secara tidak langsung, klien yang merasa puas dengan pelayanan anda pastinya akan menceritakan pengalamannya itu kepada keluarga, maupun teman mereka. Jadi ini juga bisa dijadikan sebagai strategi marketing. Tanpa  prosmosi yang berlebihan, informasi dari mulut ke mulut mengenai jasa pemandu wisata akan semakin dipercaya. Dan ini akan menjadi branding anda untuk meningkatkan pelayanan lebih baik kepada pelanggan.

Cara menjadi pemandu wisata yang baik
Pemandu Wisata (Tour Guide)

Menjadi seorang pemandu wisata merupakan sebuah layanan jasa. Sehingga kemampuan anda dalam berkomunikasi dengan klien juga harus terbuka terhadap kritip maupun saran yang akan membuat anda terus bertumbuh. Nikmatilah pekerjaan dengan segala kemungkinannya. Tetaplah tersenyum di depan pelanggan. Selamat mencoba, Salam Wisata.!

 
 Sumber Refrensi : http://www.jawaban.com/read/article/id/2013/10/2/11/131002180708/4-Hal-Penting-Untuk-Menjadi-Tour-Guide-Yang-Berhasil.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara menjadi pemandu wisata yang baik

0 comments: